Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari

SELAMAT DATANG DI FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN UNIVERSITAS AL-GHIFARI

Selasa, 24 Februari 2009

Kurikulum



KURIKULUM

Kurikulum jurusan Teknologi Pangan Universitas Al-Ghifari mengacu pada kurikulum Nasional berbasis kompetensi dengan bobot SKS 145 SKS. Jumlah tersebut termasuk didalamnya 40 % muatan lokal yang menitik beratkan pada managemen, Bioteknologi Pangan dan kewirausahaan. Sistem belajar meliputi tatap muka, praktek di laboratorium, studi lapangan, tugas mandiri, tugas kelompok dan seminar.

TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Secara umum tujuannya adalah mendidik mahasiswa menjadi sarjana yang memilikikemampuan teknis dan manajeril di bidang Agroindustri, berdedikasi, tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional. Sarjana Teknologi Pertanian tersebut berkelayakan dan berkemampuan tinggi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengolahan sistem terpadu ysng terdiri atas manusia, peralatan, bahan, energi, uang dan informasi pada agroindustri. Sarjana Teknologi Industri dengan kelayakan tersebut diharapkan mahir merumuskan dan menganalisis masalah teknik, berani mengambil inisiatif dan resiko di bidang usaha (berjiwa wiraswasta) dan mampu mengestimasi hasil dan manfaat keterpaduan sistem agroindustri serta inovatif dan mampu mensistensi masalah untuk pengembangan agroindustri.

Seorang sarjana lulusan Teknologi Industri Pertanian diharapkan secara khusus mempunyai kemampuan:

  1. Menggunakan, merancang dan mengembangkan berbagai peralatan dan proses agroindustri/

  2. memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri meliputi kemempuan managerial, rekayasa (engineering) penguasaan teknologi dan proses produksi.

  3. Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam suatu sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif.

  4. Merencanakan, menghasilkan dan mengembangkan berbagai produk industri dan sumber daya alam (hasil pertanian)

  5. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transpormasi infut (bahan baku, mesin, modal tenaga kerja dan metode)

  6. Merencanakan, melaksanakan, mengelola, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai macam pekerjaan pada agroindustri.


KURIKULUM

Kurikulum jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Al-Ghifari mengacu pada kurikulum Nasional berbasis kompetensi dengan bobot SKS 145 SKS. Jumlah tersebut termasuk didalamnya 40 % muatan lokal yang menitik beratkan pada managemen, Bioteknologi Pertanian, Agroindustri dan kewirausahaan. Sistem belajar meliputi tatap muka, praktek di laboratorium, studi lapangan, tugas mandiri, tugas kelompok dan seminar.

Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI menitikberatkan pada kajian pengembangan dan penerapan teknologi dengan melibatkan ilmu-ilmu kimia, matematik, fisika, keteknikan dan biologi untuk konservasi tanah, memproduksi hasil pertanian dan mengubahnya menjadi bentuk-bentuk sajian termasuk caracara pengawetannya, yang mempunyai nilai tambah di dalam kualitas, nilai gizi dan daya gunanya serta siap untuk dimanfaatkan sebagai bahan industri, perdagangan dan bahan konsumsi, dengan mengadakan optimasi proses dan manajemen di dalam sistem produksi hayati. Implementasi dari kajian-kajian tersebut tertuang dalam pendidikan teknik pertanian, teknologi pangan dan hasil pertanian dan teknologi industri pertanian. Dengan kajian-kajian tersebut Fakultas Teknologi Pertanian siap untuk mengadakan berbagai kerjasama di bidang agroindustri atau pun llagro base industry' dengan semua instansi negeri maupun swasta dan industri untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada. Fakultas Teknologi Pertanian UNFARI juga selalu siap menampung calon-calon yang berbakat dan berminat yang lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Al-Ghifari untuk dididik menjadi sarjana yang mempunyai kompetensi tinggi dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. .



B. VISI DAN MISI

Visi
Menjadi pusat unggulan
(center of excelent) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat (professional services) di bidang teknologi pertanian.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka mendidik dan membangun bangsa serta memelihara integrasi bangsa.

  2. Meningkatkan kualitas penelitian yang mendukung pendidikan dan kemajuan ilmu, teknologi, dan pengkayaan budaya.

  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi.


C. TUJUAN PENDIDIKAN

Di dalam melaksanakan program-program pendidikan, Fakultas Teknologi Pertanian UNIVERSITAS AL-GHIFARI sesuai dengan misinya menetapkan tujuan pendidikan untuk menyiapkan lulusan (sarjana dan pascasarjana teknologi pertanian) yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan seumur hidup (long life education) sehingga mencapai lulusan yang berkualitas unggul dengan bekal ketrampilan yang memadai.

  2. Membangun budaya inovasi dan meminimalkan kendala sebagai basis budaya akadernik untuk mewujudkan peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

  3. Mengembangkan budaya akademik agar terwujud lingkungan yang kondusif bagi staf dan mahasiswa untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam membangun kapasitasnya (capacity building).

  4. Menunjukkan kualitas kinerja akademik dan peranannya di kalangan masyarakat nasional dan internasional.

  5. Melakukan penggalian dan pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi pertanian secara berkesinambungan berdasarkan isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat.

  6. Membangun budaya inovasi dan meminimalkan kendala sebagai basis budaya akademik untuk mewujudkan peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

  7. Menjadikan fakultas untuk bisa mempunyai posisi terdepan yang kompetitif dalam pengembangan iptek di bidang teknologi pertanian melalui penelitian dan pelayanan profesi.

  8. Memberikan pelayanan profesi yang berkualitas pada institusi yang memerlukan serta sekaligus memberikan peluang kerja bagi para lulusan.

  9. Berperan serta aktif dalam perspektif masyarakat internasional di bidang ilmu teknologi pertanian melalui pengembangan kurikulum, pelaksanaan penelitian dan pelayanan profesi.

  10. Pengembangan jaringan kerja (networking) dengan institusi pendidikan yang terkait di dalam dan luar negeri dalam mengimplementasikan pendidikan seumur hidup (long life education) dan peningkatan karier alumni.

  11. Melakukan pencarian dan pengembangan peluang kerjasama serta jaringan kerja (networking) dengan institusi yang terkait, baik dalam dan luar negeri, untuk meningkatkan peranan dan kontribusi Fakidtas Teknologi Pertanian UNIVERSITAS AL-GHIFARI kepada masyarakat.



D. JURUSAN/PROGRAM STUDi DAN GELAR KESARJANAAN

Jurusan/Program Studi

Jurusan dan Program Studi di Fakultas Teknologi Pertanian UNIVERSITAS AL-GHIFARI adalah:

  1. Jurusan Teknologi Pangan

  2. Jurusan Teknologi Industri Pertanian


Gelar Kesarjanaan

Mahasiswa yang dapat menyelesaikan pendidikan di Fakultas Teknologi Pertanian UNIVERSITAS AL-GHIFARI setelah diwisuda mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pertanian (S.T.P) untuk S-1

E. FASILITAS

1. Dosen

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Al-Ghifari terdiri dari lulusan Sarjana (S-1), Magister (S-2) dan bergelar Doktor (S-3) dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia maupun di Luar Negeri.

2. Perpustakaan

Koleksi perpustakaan terdiri dari buku teks, buku referensi, seminar/ penelitian, majalah , skripsi TIP eks., skripsi Teknologi Pertanian dan skripsi.

Sistem peminjaman yang diterapkan adalah sistem terbuka agar para peminat lebih leluasa dalam mengambil koleksi terutama buku-buku yang akan dipinjam untuk dibawa pulang. Sedangkan jasa informasi yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika dan peminat lain adalah: i). Sirkulasi, ii). Rujukan, iii). Penelusuran informasi, iv). Peminjaman antar fakultas, dan v). Bimbingan pemakai. Disamping itu juga telah dapat dimanfaatkan fasilitas jaringan.

3. Ruang Kegiatan Beiajar Mengajar

FTP UNIVERSITAS AL-GHIFARI mempunyai ruang kuliah dengan berbagai kapasitas mulai dari kapasitas mahasiswa. Semua ruang kuliah dilengkapi dengan OHP dan papan tulis/ white board. Di samping ruang kuliah, juga tersedia ruang-ruang ujian dan diskusi.


4. Laboratorium

Pengelolaan laboratorium di bawah koordinasi dari jurusan yang ada di FTP UNIVERSITAS AL-GHIFARI. Laboratorium tersebut diperlukan dalam proses belajar mengajar dan mendukung atas berkembangnya ilmu dan teknologi.


KURIKULUM PROGRAM SARJANA

Kompetensi Pendidikan

Program Studi Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian diprogramkan untuk menyiapkan sarjana teknologi pertanian di bidangnya yang mampu:

  1. Memperdalam pengetahuan dan apresiasi pada sistem biologi atau pertanian yang digunakan sebagai dasar penerapan teknologi dan keteknikan,

  2. Mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan teknologi pada pengolahan pangan dan hasil pertanian dan membuat pendekatan untuk upaya pemecahan masalah serta evaluasinya,

  3. Merancang sistem dan proses dengan memperhatikan aspek-aspek gizi, ekonomi, sosial, dan dampak lingkungannya.

  4. Membangun kemampuan berkomunikasi, melakukan pembelajaran secara mandiri dan membangun kerjasama,

  5. Membangun jiwa wirausaha yang mampu untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang usaha dan berani mengambil resiko yang didasari pertimbangan keilmuan.

  6. Membangun jiwa sosial dan profesionalisme yang bertanggungjawab untuk memecahkan permasalahan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.


Program Studi Teknologi lndustri Pertanian

Kompetensi Pendidikan

Program Studi Teknologi Industri Pertanian diprogramkan untuk menyiapkan sarjana teknologi pertanian di bidangnya yang bercirikan:

  1. Memiliki kemampuan dasar dalam mengelola suatu sistem agroindustri, meliputi kemampuan managerial, rekayasa (engineering), penguasaan teknologi dan proses produksi,

  2. Mampu secara sistematis memecahkan permasalahan dalam suatu sistem agroindustri dan trampil mengembangkan berbagai alternatif,

  3. Memiliki kemampuan untuk melakukan proses transformasi input (bahan baku, mesin, modal, tenaga kerja dan metode) menjadi output yang memiliki nilai tambah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Waktuku

Akankah Dunia Ilmu Pertanian Indonesia Mengalami Penurunan?

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com